You are here
Home > Tips Traveling > 6 Tips Hindari Mengantuk Selama Perjalanan Mudik atau Traveling

6 Tips Hindari Mengantuk Selama Perjalanan Mudik atau Traveling

Kembali dari kampung halaman Anda ke kota dengan jarak yang jauh sering membuat pengemudi mengantuk. Jika perjalanan terus dipaksakan, dikhawatirkan kecelakaan yang tidak terduga akan terjadi. Menghindari kantuk tidak sulit.

Memaksa diri Anda untuk mengemudi ketika mata Anda tidak ramah tidak boleh dilakukan, terutama di tengah arus balik yang sama-sama padat.

Akan lebih baik jika perjalanan dihentikan sejenak, dan biarkan pengemudi beristirahat jika rasa kantuknya tak tertahankan. Selain itu, ada 6 tips lain yang bisa dilakukan untuk menghindari kantuk termasuk:

1.Hindari makanan tinggi karbohidrat

Mengonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi ternyata menjadi pemicu utama kantuk. Bagi yang ingin bepergian cukup jauh, hindari sarapan nasi atau roti di pagi hari.

Ganti makanan berkarbohidrat tinggi dengan makanan yang memiliki kandungan protein tinggi, seperti telur, susu, buah-buahan, atau sayuran hijau. Makanan protein sangat efektif untuk meredakan kantuk. Jika perlu, siapkan persediaan makanan yang mengandung protein tinggi untuk perjalanan.

2.Lakukan olahraga ringan di perjalanan

Jika kantuk sudah mulai menyerang, lakukan olahraga ringan seperti meregangkan kaki, tangan, otot kepala dan leher. Latihan ringan seperti ini bisa dilakukan ketika mengisi bensin, berhenti di supermarket, atau di dalam mobil itu sendiri. Pastikan otot-otot tubuh Anda sudah baik sebelum melanjutkan.

3.Putar musik atau lagu favorit

Suasana tenang di perjalanan harus dihindari karena ini bisa memicu rasa kantuk. Untuk menghilangkannya, mainkan musik atau lagu favorit Anda dan nyanyikan sampai rasa kantuk hilang.

Bernyanyi selama perjalanan adalah kegiatan yang sangat menyenangkan, tidak hanya efektif dalam menghilangkan kantuk, tetapi juga efektif dalam menghilangkan kebosanan. Sehingga perjalanan jarak jauh pun bisa dilalui tanpa kelelahan yang berarti.

Baca juga:  5 Tips Liburan Sehat di Musim Panas ala Travelers

4.Ajaklah teman Anda untuk mengobrol

Selain memutar musik atau lagu favorit, Anda juga dapat mengundang orang yang duduk di sebelah Anda untuk mengobrol. Buka dengan obrolan yang menyenangkan sehingga orang itu merasa betah mengobrol dengan Anda.

Meskipun Anda sibuk mengobrol, Anda tetap harus menjaga konsentrasi saat mengemudi. Perhatikan kendaraan di sisi kiri, kanan, depan dan belakang. Jangan lakukan itu karena kegembiraan mengobrol membuat Anda tidak fokus dan menabrak sesuatu.

5.Jauhi alkohol dan obat-obatan terlarang

Selain karena kecepatan, kecelakaan mobil juga disebabkan oleh konsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang. Jika Anda ditunjuk sebagai sopir untuk perjalanan Anda bolak-balik, Anda harus menjauhkan diri dari minuman beralkohol dan semua bentuk obat-obatan.

Karena keduanya dapat bereaksi dengan cepat untuk mengurangi tingkat kesadaran seseorang. Jika Anda ingin minum obat tertentu, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu dalam satu atau dua hari sebelum berangkat ke rumah.

6.Berkendaralah dengan santai

“Jika lambat untuk aman”, frasa ini adalah yang harus Anda pegang saat mengemudi. Bukankah mengemudi santai merupakan penyebab utama kantuk? Tidak selamanya ya.

Terburu-buru saat mengemudi, itu akan melelahkan, sehingga Anda cepat lelah. Jadi akan lebih baik jika Anda mengemudi dengan santai dan tenang, terutama di tengah arus mudik yang begitu ramai. Sebagai hasilnya, Anda dan keluarga Anda dapat mencapai tujuan dengan aman dan tentu saja dalam keadaan sehat.

Related Post

Tinggalkan Balasan

Top