You are here
Home > Tips Traveling > 5 Tips Liburan ala Backpacker ke Bali

5 Tips Liburan ala Backpacker ke Bali

Ketika Anda mendengar kata Bali, liburan pasti menjadi hal utama di pikiran Anda. Bagaimana tidak, Pulau Dewata sudah dikenal sebagai “surga” bagi wisatawan lokal dan asing. Karena alasan itu, beberapa orang menganggap Bali cukup mahal untuk menjadi tujuan liburan.

Sekarang, Anda tidak perlu khawatir lagi. Karena, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan sehingga Anda bisa menghemat uang di Bali. Berikut beberapa tips yang bisa Anda coba:

1.Musim sepi vs musim puncak

Sudah menjadi rahasia umum bahwa semakin tinggi permintaan, semakin tinggi pula tawarannya. Demikian juga dalam dunia perjalanan, jangan heran jika Anda menemukan bahwa harga tiket dan penginapan telah melonjak secara dramatis ketika liburan tiba. Karena itu, jika Anda tidak ingin menghabiskan anggaran yang mahal Anda harus menghindari masa liburan saat berkunjung ke Bali.

Selain bisa mengurangi anggaran, Anda bisa lebih puas menjelajahi berbagai destinasi wisata di sini. Ada juga cara lain yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan rajin mencari promo tiket pulang pergi dan promo hotel di Bali. Misalnya, dengan aplikasi Traveloka, Anda dapat menemukan promo atau diskon. Untuk menemukan tiket murah pada tanggal tertentu, Anda juga dapat menggunakan fitur Pencari Harga Terbaik.

2.Pilih perjalanan via darat

Menggunakan pesawat sebagai moda transportasi memang cukup menguras anggaran. Oleh karena itu, sebagian besar backpacker memilih jalan gelap (menggunakan beberapa moda transportasi umum darat untuk sekali perjalanan). Meski butuh waktu lama, metode ini bisa memangkas biaya perjalanan cukup banyak.

Dari Jakarta, Anda dapat menggunakan kereta Gumarang (kelas Ekonomi) untuk Pasar Turi Surabaya dengan harga tiket mulai Rp150.000. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kereta Probowangi di departemen Surabaya Gubeng – Banyuwangi Baru dengan biaya IDR 56.000.

Baca juga:  5 Tips Jitu untuk Mempersiapkan Liburan Akhir Tahun yang Menyenangkan

Setibanya di Stasiun Banyuwangi Baru, Anda dapat berjalan kaki atau naik ojek ke Pelabuhan Ketapang. Untuk menyeberang ke Bali, Anda akan dikenai biaya IDR 6.000. Perjalanan ini akan memakan waktu 1 jam untuk pergi ke Pelabuhan Gilimanuk. Dari pelabuhan di Bali, Anda dapat naik bus dengan biaya sekitar Rp. 35.000 ke Terminal Ubung, Denpasar.

3.Pilih tempat nginap yang murah

Persewaan penginapan juga dapat memengaruhi anggaran besar untuk liburan. Agar tetap efisien, pilih tempat penginapan hemat. Meskipun ada banyak villa dan resort mahal di Bali, Anda masih dapat menemukan banyak penginapan murah. Misalnya, di kawasan Kuta dan Poppies Lane yang berkilauan, ada berbagai pilihan penginapan dengan harga per malam mulai dari Rp 50.000 per orang. Meski harganya murah, fasilitas yang ditawarkan cukup memadai.

4.Tentukan tujuan wisata dengan hati-hati

Menikmati alam di Pulau Dewata sebenarnya tidak memerlukan biaya mahal. Ada banyak pantai indah yang bisa Anda kunjungi secara gratis. Selain bisa menikmati suasana pantai, Anda juga bisa menyaksikan indahnya matahari terbit dan terbenam. Salah satu pantai di selatan yang harus Anda kunjungi adalah Pantai Sanur, Kuta, Karma Kandara, dan Pantai Kelan, yang dekat dengan bandara.

Keesokan harinya, Anda dapat mengunjungi daerah Nusa Dua untuk mengunjungi pantai-pantai eksotis, seperti Pantai Geger dan Pantai Mengiat secara gratis. Di sini, Anda juga dapat menikmati ombak di dermaga, tepatnya di tepi terumbu Tiup Air. Selain itu, Anda juga harus mengunjungi tempat-tempat wisata terkenal lainnya, seperti Tanah Lot dan Goa Gajah, yang memiliki tiket masuk kurang dari Rp20.000.

Ingin mengunjungi tempat wisata yang eksentrik? Anda dapat datang ke dua bangkai kapal yang secara misterius muncul di pusat kota. Anda dapat menemukan lokasi pertama di tengah-tengah Kuta, sedangkan bangkai pesawat kedua dekat Pantai Pandawa. Apakah Anda ingin menantang adrenalin? Anda dapat berkeliling ke tempat yang terkenal sangat menyeramkan, misalnya Bedugul Recreational Park Hotel yang telah ditinggalkan dan tampaknya dihantui. Berani mencoba?

Baca juga:  7 Fitur Smartphone Berikut Dapat Membantu Anda Ketika Bepergian

Tidak banyak pilihan wisata di Bali yang bisa Anda coba? Hanya dengan dipersenjatai dengan penelitian kecil dan persiapan menyeluruh, Anda dapat menentukan tujuan Anda sendiri tanpa harus menggunakan layanan wisata atau perjalanan.

5.Jelajahi destinasi dengan menyewa sepeda motor

Bagi mereka yang berlibur sendiri, baik bersama, maupun bersama kelompok kecil, ada baiknya berhati-hati dalam memilih jenis kendaraan. Daripada menghabiskan banyak uang hanya untuk membayar taksi atau transportasi online, menyewa sepeda motor bisa menjadi salah satu alternatif yang paling cocok untuk wisatawan dengan dana terbatas.

Di beberapa pusat wisata seperti Legian dan Kuta, ada banyak tempat penyewaan sepeda motor dengan sistem pembayaran yang dihitung per hari. Jenis-jenis sepeda motor yang ditawarkan beragam, mulai dari motor bebek, motor, hingga motor besar untuk disewakan mulai dari Rp. 35.000

Related Post

Tinggalkan Balasan

Top