You are here
Home > Tips Traveling > 10 Tips Mudik Aman dan Nyaman Menggunakan Mobil Pribadi

10 Tips Mudik Aman dan Nyaman Menggunakan Mobil Pribadi

Mudik menggunakan mobil pribadi kini semakin diminati oleh banyak orang. Meskipun biaya yang dikeluarkan lebih besar, tetapi sebanding dengan kenyamanan dan fleksibilitas. Wisatawan lebih bebas membawa barang bawaan, bisa berhenti di mana saja dan kapan saja, dan dapat memilih rute perjalanan sesuai keinginan mereka.

Sudahkah Anda menjadi salah satu pelancong yang menggunakan mobil pribadi tahun ini? Lihatlah 10 tips berikut, dijamin membuat perjalanan Anda lebih nyaman dan lancar!

1.Lakukan pemeriksaan penting sebelum pulang

Poin pertama sangat penting untuk diperhatikan, pastikan mobil dalam kondisi prima sebelum dibawa pergi. Lakukan pemeriksaan penting seperti busi, rem, oli, listrik, wiper, dan tekanan ban.

Bawa terlebih dahulu ke bengkel tepercaya untuk memeriksanya dengan lebih baik. Juga pertimbangkan apakah akan memasang beberapa aksesori tambahan untuk memudahkan membawa barang.

2.Sesuaikan jumlah penumpang dan barang bawaan

Perhatikan kapasitas mobil untuk menyesuaikan jumlah penumpang dan barang bawaan. Jangan ragu untuk menolak permintaan teman, saudara, atau tetangga yang ingin naik jika kondisinya tidak memungkinkan.

Ada baiknya membuat skema posisi barang dan penumpang dari jauh. Tempatkan barang-barang mendesak seperti peralatan mandi, ganti pakaian, obat-obatan, peralatan ibadah, dan makanan ringan di tempat yang mudah diakses.

3.Berikan perhatian khusus saat menggendong bayi dan anak-anak

Jika Anda membawa bayi dan anak-anak, koper sedikit lebih rumit. Periksa kembali sebelum pergi, bawalah beberapa bantal atau tempat tidur untuk kenyamanan si Kecil Anda. Jika Anda akan menggunakan kursi mobil, pasang terlebih dahulu agar lebih rapi dan aman.

4.Pilih rute alternatif jika terjadi kemacetan

Pelajari rute perjalanan yang akan Anda tempuh dan coba cari rute alternatif sebelum pergi. Ini untuk mengantisipasi jika terjadi kemacetan, sehingga perjalanan tetap lancar dan nyaman.

Baca juga:  7 Fitur Smartphone Berikut Dapat Membantu Anda Ketika Bepergian

5.Pelajari lokasi area istirahat dan pompa bensin

Karena menggunakan mobil pribadi, Anda harus benar-benar menguasai lapangan! Mempelajari titik-titik area istirahat dan pompa bensin harus ada dalam daftar penting. Periksa jarak antara titik istirahat untuk mengantisipasi kebutuhan mendadak.

6.Bijaksana menggunakan AC

Melakukan perjalanan jarak jauh membuat mesin bekerja lebih keras. Untuk alasan ini, sebaiknya gunakan AC. Matikan AC dan buka jendela saat melewati area yang cukup sejuk dengan angin yang relatif tenang. Metode ini juga baik untuk menjaga sirkulasi udara, karena terlalu lama terpapar pada pendingin udara tidak baik untuk kesehatan tubuh.

7.Isi bahan bakar sebelum memasuki area macet

Apakah Anda masih ingat tragedi East Brebes Tol pada 2016? Banyak pelancong yang terjebak dalam kondisi lalu lintas yang panjang kehabisan bahan bakar. Alhasil, warga sekitar menjual BBM dengan harga fantastis.

Nah, pulang tahun ini harus lebih hati-hati! Pastikan bahan bakar mobil Anda terisi penuh sebelum memasuki kemacetan lalu lintas atau kurangnya pompa bensin.

8.Siapkan anggaran cadangan dan pastikan saldo e-toll cukup

Ada yang menarik dari pesta mudik tahun ini, pemerintah memberlakukan penggunaan e-toll sebagai alat pembayaran di setiap gerbang tol. Jadi, pastikan saldo e-tol cukup sampai tiba di titik pengisian berikutnya. Jangan lupa untuk juga menyediakan cadangan uang tunai di dompet Anda untuk kebutuhan tak terduga selama perjalanan.

9.Membawa persediaan air minum yang cukup

Meskipun Anda bebas berhenti di mana saja untuk makan dan minum, Anda harus membawa cukup air. Berkendara membutuhkan fokus dan konsentrasi yang baik. Anda harus rajin minum air putih, jangan memaksakan diri untuk berpuasa jika tidak bisa.

10.Berhentilah setiap beberapa jam untuk mengistirahatkan pengemudi dan mesin

Tidak hanya pengemudi, mesin kendaraan juga bisa lelah, lho! Jadi jangan ragu untuk memanfaatkan titik-titik area istirahat yang tersebar di sepanjang rute mudik. Istirahatkan tubuh Anda sejenak dengan melakukan peregangan, kemudian matikan mesin untuk pendinginan.

Baca juga:  5 Tempat Wisata Kekinian di Kota Malang

Related Post

Tinggalkan Balasan

Top